Langsung ke konten utama

Resume Materi Pkkmb Tingkat Fakultas Kesehatan Unusa 2023


Resume kali ini merupakan resume materi Pkkm UNUSA Tingkat Fakultas Kesehatan. Materinya juga sangat-sangat menarik yang disampaikan oleh pemateri-pemateri hebat. Pkkmb Tingkat Fakultas ini juga dilaksanakan secara Hybrid Rabu 6 September 2023 ada yang online via Zoom dan ada yang offline di Kampus B Unusa.

1. Materi Pertama dengan tema "Mahasiswa" yang disampaikan oleh Ibu Merry Sunaryo, S.KM.,M.KK selaku Dosen Prodi K3 di Unusa.

Materi diawali dengan sebuah permainan tengtang kemahasiswaan dimana mahasiswa dimintai untuk memberikan argumentnya tentang karakter-karakter yang harus dimiliki setiap mahasiswa. Adapun sikap pertama yang harus dimiliki seorang mahasiswa adalah memiliki attitude yang baik agar selama proses perkuliahan bisa menghargai para dosen dan sesama teman kuliah.

Mahasiswa bukan lagi siswa, mahasiswa adalah maha dari segala siswa jadi mahasiswa harus lebih aktif, lebih kompetitif dan adaptif dalam belajar dan pengembangan pengetahuan.

2. Materi kedua dengan tema "Membangun Mahasiswa Menjadi Sense Of Belonging Produktif dan Inovatif Untuk Masa Depan Pendidikan" yang disampaikan oleh Bapak Yauwan Tobing Lukiyono, S.ST.,MT.

Yang dimaksud dengan Sense Of Belonging merupakan perasaan yang ada dalam diri anggota suatu kelompok atau organisasi, yang mana mereka memiliki rasa dalam kelompok/organisasi tersebut.

Membangun sense of belonging mahasiswa sama dengan membangun rasa percaya, samakan visi misi yang dituju, proaktif dalam membangun budaya menghargai dan menghadirkan benefits.
Manfaat memiliki sense of belonging ini juga baik loh untuk mahasiswa kedepannya karena dapat membentuk pelaku positif, membentuk etos kerja baik, mmembentuk citra organisasi dan loyalitas, serta membuat bahagia dan mengurangi resiko kesehatan.

3. Materi ketiga dengan tema " Mewujudkan Generasi Z yang Siap Bersaing Mewujudkan Generasi Lebih Baik" yang disampaikan oleh Bapak Muhammad Ilham Rizqi Dermawan,S.TR,KKK.

Materi terakhir ini diawalai dengan sebuah quote "Jadilah Pribadi yang Menantang Masa Depan, Bukan Pengecut yang Aman di Zona Nyaman"

Generasi Z adalah generasi yang lahir dari tahun 1995-2012, generasi ini tumbuh di lingkungan yang serba sudah digital sehingga memiliki perbedaan karakter di segala sisi. Generasi ini memiliki beberapa kekurangan yakni terburu-buru dalam mencapai sesuatu, kecanduan internet, kurang disiplin dan terlalu bergantung pada teknologi.

Untuk menjadi generasi yang lebih baik hal pertama harus BERANI, apapun konsekwensinya hadapi dulu dengan keberanian. Jangan pernah takut gagal, kegagalan hanya terjadi apabila kita berhenti mencoba.

Quote terakhir sebagai penutup materi ini yakni "Orang sukses selalu kelebihan satu cara dan orang gagal selalu kelebihan satu alasan"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan Kareem 1445 H

Ramdhan Kareem Bersama Novoclub  Halo,  Unusa Rangers! 👋 Gimana nih, bulan Ramadhan-nya?? Masih pada kuat puasa kann??  Sedikit cerita nihh ! Dalam menyambut 10 hari terakhir Ramadhan 1445 Hijriah ini, alhamdulillah saya berkesempatan menjadi salah satu volunteer dari kegiatan Roadshow Ramadhan Novoclub Surabaya by Paragon😍 Kegiat

Resume Materi Peneguhan Nilai Pancasila Dalam Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas

Materi kedelepan di hari kedua Pkkmb UNUSA  kali ini bertema "Peneguhan Nilai Pancasila Dalam Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Emas" yang disampaikan oleh Ibu Ema Umiyatul Chasanah, ST. M, Mpd dan Bapak Mukarim. Pkkmb kali ini juga dilaksanakan secara Hybrid Selasa 5 September 2023 ada yang online via Zoom dan ada yang offline di Kampus B Unusa tepatnya di Auditorium Unusa Lantai 9. Materi diawali dengan penyampain pesan dari ibu Ema yakni "Tetap semangat baagu mahasiswa baru Unusa, kalian adalah pelopor generasi kedepannya untuk kemajuan bangsa, setelah selesai di Unusa terus berjuang di PPNU" kemudian dilanjutkan oleh Bapak Mukarim. Pembahasan awal yang dibahas yakni dalam menuju Indonesia emas kita perlu punya paradigma nilai-nilai pancasila serta pendalaman katakter yang berdasarkan pancasila. Anda juga bisa melihat resume materi ini di blog temen saya klik disini

Merayakan Kemerdekaan Bersama Ibu Kader Posyandu Desa Parseh Bangkalan ✨️

Halo Unusa Rangerr 👋 Perayaan Kemerdekaan tahun ini kalian pada lomba apa nih? Pasti seru-seru ya. Nah kali ini aku juga mau cerita nih tentang perayaan kemerdekaan versi aku, simak ya🥰 Kemerdekaan sering kali kita pahami dalam konteks besar seperti kebebasan politik dan kedaulatan negara. Namun, di tingkat desa, arti kemerdekaan memiliki dimensi yang lebih personal dan langsung. Di desa, kemerdekaan tidak hanya berkisar pada hak dan kebebasan individual, tetapi juga melakukan kegiatan yang memperkuat kebersamaan dan menonjolkan kekayaan lokal. Salah satu cara yang efektif dan menyenangkan untuk merayakannya adalah dengan mengadakan lomba masak. Lomba masak kali ini melibatkan kader posyandu di Desa Perseh Bangkalan. Tujuan lomba inipun bukan hanya sebuah kompetisi kuliner, tetapi juga kesempatan untuk melestarikan dan merayakan tradisi kuliner lokal. Dalam acara ini, peserta dari berbagai posyandu dapat menunjukkan keterampilan memasak mereka sambil menggunakan bahan-ba